Oleh:RESMALENI, S. Si., M. Pd
Bagi sebagian guru edmodo hanya biasa saja, tetapi bagi guru yang berfikir jauh ke masa depan Edmodo luar biasa. Apa itu Edmodo? 

Edmodo merupakan portal E-Learning yang sangat bermanfaat bagi pihak dosen/guru, mahasiswa/siswa dan orang tua.

Edmodo merupakan situs yang digunakan oleh para guru, murid maupun orang tua untuk mempermudah proses pembelajaran secara online. Edmodo mampu memfasilitasi interaksi siswa dan guru, siswa dengan siswa, guru sesama guru bahkan dengan orangtua siswa. Interaksi dalam kelas edmodo tidak terbatas ruang dan waktu. Dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja serta dari sumber belajar apa saja.

Keragaman sumber belajar yang mampu membantu masyarakat pendidikan tersedia di edmodo. Sebut saja sumber belajar berformat word, pdf, ppt, video, animasi, dan lain sebagainya. Rekaman jejak akan tercatat secara tepat sehingga dapat dilihat berulang kali bagi yang membutuhkan sebagai bahan evaluasi. Menu note dapat digunakan sebagai tempat sharing atau percakapan secara asyncronous dan syncronous. Alert sebagai pengingat atau alarm, assignment  sebagai tempat penugasan. 

Menu quiz digunakan untuk ujian atau evaluasi peserta kelas edmodo. Menu yang satu ini sangatlah menarik karena dapat membantu membiasakan siswa bagaimana mengerjakan soal-soal secara online. Saat ini telah mulai diberlakukan Ujian Nasional (UN) secara online di sebagian sekolah dan  rencana pemerintah kedepannya secara bertahap akan menetapkan pemberlakuan UN secara online. Tidak hanya UN saja, seleksi masuk sekolah, seleksi masuk perguruan tinggi, seleksi CPNS sudah diberlakukan secara online.

Berbelanja, pemesanan tiket kereta api dan pesawat terbang, mencari tempat parkir semua sudah serba online. Apakah mau kita sebagai guru tertinggal dibidang Teknologi Informasi (TI)? Ditangan kitalah kemajuan wawasan peserta didik. Abad 21 ini mau tidak mau, suka tidak suka guru wajib menguasai TI.

Booming media sosial seperti facebook, twitter, path, instagram memberi peluang kemudahan berinteraksi dengan peserta didik. Media sosial diatas memiliki beberapa kekurangan sehingga guru mencarikan media sosial yang mirip dengan diatas terutama facebook yaitu media sosial edmodo. Menurut E Mulyasa dalam buku menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan “....guru harus mampu memaknai pembelajaran serta menjadikan pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas pribadi peserta didik. Menurut kajian Pullias dan Young (1988), Manan (1990), serta Yellon and Weinstein (1997) dapat diidentifikasikan sedikitnya 19 peran guru, yakni guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, penasehat, pembaharu (inovator), model dan teladan, pribadi, peneliti, pendorong kreatifitas, pembangkit pandangan, pekerja rutin, pemindah kemah, pembawa cerita, aktor, emansipator, evaluator, pengawet, dan sebagai kulminator”.

Penguasaan TI yang dimiliki oleh guru harus terintegrasi dalam keseharian proses pembelajaran. Guna membuka cakrawala peserta didik, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, merubah mindset peserta didik terhadap belajar bahwa belajar tidak harus bergantung kepada guru, meningkatkan motivasi peserta didik untuk senantiasa belajar sehingga mereka mendapat penghidupan yang layak untuk masa depannya. Pembelajaran tidak lagi sebatas memindahkan isi buku ke catatan siswa. Lebih dari itu pembelajaran harus mampu menggiring peserta didik untuk memasuki zamannya. Zaman yang dipenuhi perkembangan TI. Nilai sempurna pada ijazah tidaklah berarti jikalau siswa kita tidak mampu mengikuti  arus perkembangan teknologi  terutama informasi. Sekarang sudah jarang ditemukan brosur pengumuman lowongan kerja, beasiswa, dan berbagai informasi yang dibutuhkan. Hampir semua informasi tersedia di internet atau secara online.

Menurut undang-undang No. 14 tahun 2005 yang menyatakan guru dan dosen adalah tenaga profesional. Pemerintah menjabarkan melalui pemberian sertifikasi kepada guru dan dosen sebagai penghargaan terhadap keprofesionalan yang mereka miliki. Semoga kita semua insan yang terlibat dalam pendidikan mau dan mampu menuju penciptaan proses pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

RESMALENI, S. Si., M. Pd Padang, 30 Mei 1979, Guru Kimia di MAN Pulomerak Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Fitur News