SAHABAT KELUARGA - Pada masa tumbuh kembang anak, salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan oleh orangtua adalah mengenali minat dan bakatnya. Seringkali kita merasa tidak mengetahui apa minat dan bakat mereka. Bahkan ada orangtua yang merasa anaknya tidak memiliki bakat apapun, dalam kata lain tidak pintar.

Tidak dapat di pungkiri, banyak orang tua yang memberikan target pada anak-anaknya, tidak terkecuali terkait dengan prestasi akademis sang anak. Contohnya, Orang tua yang menginginkan agar anaknya mendapatkan rangking satu atau selalu mendapat nilai 100.

Memotivasi anak untuk belajar berbeda-beda menurut usianya. Di jenjang SD, usia ini dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu kelas rendah (kelas 1-3 SD) dan kelas atas (kelas 4-6 SD). memiliki  ciri khas yang berbeda.

Meski sempat nyaris putus sekolah karena masalah ekonomi, Aprillyani Sofa Marwaningtyas justru berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil meraih Gold and The Best Project 28th Mostratec Level of International in Brazil 2014. 

Berikut ini adalah beberapa ciri tingkah laku anak yang bermasalah dan mengalami stress dan depresi (Pusat Psikiatri Universitas Texas, 2007), yang dapat dengan mudah diketahui oleh orangtua yang dekat dengan anaknya:

 

Fitur News