Oleh: Siti Nur Laely
Menjadi sekolah yang maju dan berprestasi tidak hanya monopoli sekolah mahal dan elit. Sekolah apapun berhak dan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sekolah juara. Diperlukan kerja keras, kecerdasan, dan kerja sama yang baik antarwarga sekolah.

Kepala MI berprestasi dari MIN Sukarejo Langsa, yang tampak necis ini, meminjam jargon Mario Teguh, orangnya super futuristik plus tekun. Kefuturistikannya membawa ia meraih berbagai prestasi, baik tingkat provinsi maupun di tingkat Nasional.

Mendidik siswa bukan hanya sekedar proses pentransferan ilmu, tapi dibutuhkan juga unsur keteladanan seorang pendidik. Hal inilah yang diterapkan Kelik Listiono. 

“Alhamdulillah…” suara lirih kalimat tahmid itu keluar dari lisan Abdul Mughni, S.Ag. M.Pd. ketika dewan juri menobatkannya menjadi  Juara 1 Tingkat Nasional Kepala Madrasah Ibtidaiyah Kreatif dan Inovatif Tahun 2010.

Seberapa kuatkah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi siswa? Pertanyaan ini mengasumsikan bahwa memang ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi siswa, baik langsung maupun tidak langsung.

Tidak banyak bicara, namun tegas. Itulah sekilas sosok Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bandarlampung Dr. Hi. Erjati Abas, M.Ag. yang berhasil menyelesaikan program doktornya di IAIN Raden Intan Lampung dengan nilai sangat memuaskan.