Kompetensi sosial guru berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan masyarakat, baik yang ada di lingkungan sekolah maupun yang ada dilingkungan tempat tinggal guru.

Dalam bermasyarakat, peran guru dan cara berkomunikasi tentulah memiliki perbedaan dengan orang lain yang bukan guru.

Guru adalah tokoh dan type manusia yang mengemban tugas untuk membina dan membimbing masyarakat agar memiliki norma yang baik. Itulah sebabnya misi yang diemban guru sebenarnya adalah misi kemanusiaan.

Satori (2009:2.15) mengemukakan bahwa kompetensi sosial guru merupakan kemampuan guru untuk memahami dirinya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat dan mampu mengembangkan tugas sebagai anggota masyarakat dan warga negara. Kemampuan sosial ini mencakup kemampuan untuk menyesuaikan diri kepada tuntutan kerja dan lingkungan sekitar.

Fungsi Kompetensi Sosial Guru

Setiap guru tidak mungkin bisa terlepas dari situasi sosial di masyarakat yang bersifat kompleks. Satori (2009) menjelaskan tentang peran dan fungsi guru di masyarakat adalah seperti berikut:

1. Motivator dan Inovator

Dalam pembangunan pendidikan, guru merupakan agen perubahan di masyarakat, berusaha aktif dalam mencerdaskan masyarakat, memberi motivasi kepada masyarakat, dan ikut serta menyukseskan program wajib belajar.

2. Perintis dan Pelopor Pendidikan

Guru merupakan perintis dan pelopor yang senantiasa aktif dalam memajukan pendidikan di masyarakat.

3. Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pengetahuan

Guru yang memliki pengetahuan dituntut untuk berusaha melakukan berbagai penemuan yang berkaitan dengan permasalahan pendidikan di masyarakat sehingga dapat menemukan solusinya.

 4. Pengabdian

Guru perlu melibatkan diri dalam kegiatan di masyarakat yang sesuai dengan dunia pendidikan terutama dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mengajar dan mendidik adalah tugas guru dalam memanusiakan manusia. Oleh karena itu kompetensi sosial harus dimiliki oleh seorang guru. (Sumber: √http://www.gurukelas.com)


Fitur News