Oleh: Supa'at
Penyimpangan perilaku di hampir semua sektor kehidupan telah menimbulkan kesadaran bahwa “pendidikan karakter” sangatlah penting, dan bukti bahwa sistem pendidikan kita telah gagal mencapai tujuannya.

Bahkan, kegagalan ini seolah tidak ada jalan keluar – krisis multidimensi. Pendidikan seharusnya menjadi solusi bagi suatu bangsa untuk mengagapai kemajuan dan kemakmuran hakiki.

Untuk mengetahui apa yang terjadi dengan sistem dan praktik pendidikan, dilakukan penelitian pada 29 Madrasah Aliyah yang ada di Kudus.Hasil penelitaian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter sesungguhnya memiliki kesamaan substantive dengan system pendidikan madrasah, perbedaanya terletak pada nilai yang dapat dijadikan petunjuk. Konsep pendidikan karakter secara filosofis mengacu pada kebenaran antroposentris, dan madrasah merujuk pada teosentris (agama). Secara sosio-historis system pendidikan madrasah adalah model pendidikan karakter atau pendidikan berbasis karakter yang cocok untuk kondisi di Indonesia.


Fitur News