Oleh: Abd. Rahman
Di sepanjang perkembangan kehidupan manusia tidak terlepas dari masalah pendidikan, karena pendidikan itu adalah penuntun bagi berkembangnya kehidupan manusia. Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan yang berguna bagi kehidupan manusia, baik dalam kehidupan sosial maupun dalam dunia pekerjaan.

Tujuan utama dari pendidikan adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan berfungsi sebagai sebuah proses dimana seseorang di didik agar dapat memiliki kualitas moral dan keahlian yang nantinya akan berguna bagi kemajuan bangsa.

Hampir tidak ada yang bisa membantah bahwa tingkat kesejahteraan suatu Daerah sangat tergantung pada kualitas pendidikannya. Dalam artian kualitas sumber daya manusia suatu Daerah/Wilaya punya andil (modal) yang cukup signifikan dalam menentukan kesejahteraannya tersebut. Statement ini mungkin terkesan berlebihan, namun tidak bisa dikatakan salah, jika mengingat peranan pendidikan yang begitu besar. Yang mana pola pikir dan paradigma hidup seseorang sangatlah dipengaruhi oleh lingkungan pendidikannya. Sehingga hampir dapat dipastikan bahwa kehidupan masyarakat yang pendidikannya berkualitas akan lebih baik dibandingkan masyarakat yang kualitas pendidikannya rendah. 

Satu-satunya tumpuan yang diharapkan mampu membawa perubahan ke arah perbaikan di tengah keadaan yang kian limbung dalam berbagai persoalan adalah dunia akademis atau pendidikan. Karena disinilah pola pikir, mental, kepandaian dan karakter anak bangsa diasah dan dibangun. 

Dengan pendidikan yang berkualitas kesadaran berbangsa dan bernegarapun akan terus meningkat. Dan dengan hal tersebut optimistis untuk meraih kejayaan masa depan akan lebih cerah. Sehingga kesejahteraan bangsapun akan kita raih.

 


Fitur News