Drs. Suyanto, M.Pd Juara Guru Madrasah Nasional

Drs. Suyanto, M.Pd, guru MIN Malang I, ditetapkan sebagai Juara I Kompetisi Guru Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2013 untuk jenjang MI mengalahkan nominator dari DKI Jakarta, Bali, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. 

Tidak hanya kali ini saja, guru teladan MIN Malang I tahun 1998 ini membawa nama harum MIN Malang I dan Kantor Kemenag Kota Malang ke ajang perlombaan di tingkat propinsi dan nasional.

Pria kelahiran kota Kediri 9 Januari 1967 ini tahun 2006 berhasil meraih Juara II tingkat Propinsi Jawa Timur untuk Lomba Guru Berprestasi dan tahun 2007 berhasil meraih juara II Tingkat Nasional untuk Lomba Membuat Alat Peraga. Saat ditanya bagaimanakah kiat khusus untuk bisa lolos dalam kompetisi ini, guru IPA ini mengatakan, “Saya tidak pernah berpikir dan menarget diri untuk menjadi guru berprestasi. Guru berprestasi itu, predikat yang diberikan oleh pihak lain pantang bagi saya untuk mengaku sebagai guru berprestasi yang mempunyai kompetensi tinggi. Saya hanya melaksanakan tugas profesi dan pengembangan diri sesuai dengan amanah yang diberikan, berupaya semampu saya agar pembelajaran yang saya sampaikan dapat diikuti dengan mudah dan menyenangkan oleh anak didik dan sedapat mungkin memberikan teladan kepada mereka, itu saja”.

Apa motivasi pria kelahiran kota tahu ini mengikuti ajang kompetisi bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI ini? “Ada niatan tersendiri saat mengikuti kompetisi ini, niatan saya yang utama bukan predikat atau hadiah yang diberikan, tetapi untuk memberikan motivasi kepada kedua anak saya khususnya, dan anak didik saya di MIN Malang I bahwa orang tua sekaligus guru merekapun melaksanakan tugas profesinya dengan sungguh-sungguh. Siapa yang sungguh-sungguh dalam berusaha, maka dia yang akan berhasil. Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau bersungguh-sungguh” demikian pesan pria yang kesehariannya berkecimpung dalam program Penjaminan Mutu MIN Malang I ini menutup wawancara dengan reporter dari Kontak. (Sumber: www.http://minmalang1.net)