Mengajar Bahasa Inggris Yang Menyenangkan

Dalam dunia pendidikan bahasa inggris seperti di kampung inggris salah satu tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh para pengajar adalah membuat para siswanya tetap tertarik pada materi yang disampaikan.

Solusi yang tepat untuk itu adalah dengan cara membuat pelajaran yang disampaikan menjadi lebih menarik dan mudah diterima. Hal ini akan menjadi cukup sulit ketika menghadapi para pelajar yang masih baru atau pemula dalam belajar bahasa inggris. Namun ada beberapa cara yang sederhana yang cukup efektif  untuk mengajar bahasa inggris baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Dalam postingan kali ini kita akan mempelajari bagaimana beberapa pengajar merubah pelajaran yang membosankan menjadi sebuah pengalaman belajar yang menyenangkan.

Persiapan waktu  yang cukup sangatlah penting untuk para pengajar ketika merencanakan bagaimana cara mengajar dalam kurikulum yang akan disampaikan, mereka harus memikirkan kebutuhan para siswanya dan bagaimana kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan cara yang terbaik. Contohnya ketika mengajar siswa yang telah dewasa bahan untuk mengajar harus mencerminkan kegunaan bahasa inggris dalam situasi di kehidupan sehari-hari.  Tanpa menggunakan latihan yang selalu diulang berkali-kali sebagai metode untuk mengajar, lebih baik membuat siswa menirukan atau bermain drama dengan topik situasi-situasi yang umum dan sering terjadi seperti cara memesan makanan direstoran atau menanyakan arah dengan kalimat yang benar. Pengajar akan menguasai atmosfir kegiatan belajar, sehingga latihan-latihan yang ringan dan menyenangkan akan membantu para siswa merasa lebih percaya diri.

Mempraktekan sebagaimana yang terlihat akan membantu para siswa belajar bahasa inggris. Pengajar harus menggabungkan antara kamus dengan gambar dalam pelajaran bahasa inggris sebab hal tersebut akan memberikan gambaran atau visual dari kata-kata bahasa inggris yang dipelajari. Mintalah para siswa untuk membuat buku kosa kata yang bisa mereka lihat dan baca berulang-ulang setiap saat mereka membutuhkannya. Carilah gambar dari majalah atau media lain dan kumpulkan gambar-gambar tersebut berdasarkan jenisnya seperti hewan, makanan, pakaian dan lain-lain. Hal tersebut merupakan cara yang sangat bagus untuk membuat para siswa tetap tertarik  dengan apa yang mereka pelajari.

Membaca dengan suara keras sangat penting untuk para siswa agar mereka memiliki kemampuan mengucapkan kalimat bahasa inggris. Ini adalah salah satu cara agar mereka menguasai pronunciation. Para pengajar bahasa inggris harus membaca dengan lantang dengan suara yang bersih dengan nada yang pelan. Untuk beberapa kalimat yang sulit, harus di lafalkan berulang-ulang hingga para siswa menjadi jelas terhadap kalimat-kalimat tersebut. Menonton film tanpa text terjemahan juga merupakan latihan yang sangat bagus, minta para siswa untuk mendengar baik-baik terhadap kata-kata yang terucap dalam film tersebut. Bahasa inggris terkadang bisa menjebak karena banyak terdapat huruf diam atau huruf yang tidak terucap. Mendengarkan kata-kata yang sedang diucapkan sambil melihatnya ketika terucap akan sangat membantu para siswa mengetahui cara pengucapan yang benar.

Hambatan terbesar untuk para pengajar adalah membuat para siswa tertarik terhadap materi yang sedang disampaikan. Pengalaman akan membuktikan bahwa respon pelajar akan lebih baik terhadap pengajar yang dinamis dan menyenangkan dalam mengajar. Belajar bagaimana berbicara dan menulis bahasa inggris akan terasa sangat sulit terutama bagi mereka yang tidak terbiasa menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari, jadi para siswa harus didorong untuk bersenang-senang dalam mempelajari bahasa inggris. Seiring dengan pengetahuan bahasa inggris merka berkembang maka rasa percaya diri mereka juga akan tumbuh bersamaan. Sehingga pada waktunya kita akan menyadari bahwa menikmati proses belajar memang benar-benar akan membantu para siswa belajar lebih cepat.

(Sumber: http://fhtmss.blogspot.com)