Manajemen Madrasah

Ketatausahaan Madrasah Berbasis Ajaran Walisongo

Kepala Madrasah Negeri maupun Swasta dan Kepala Tata Usaha Madrasah Negeri merupakan ujung tombak dalam melaksanakan manajemen ketatausahaan madrasah. Mereka adalah para meneger dalam merencanakan, mengimplementasikan dan melaporkan program serta anggaran negara.

Lima Daya Dongkrak Mutu Madrasah

Oleh: M. Nurul Hajar
Tentu kita sepakat bahwa madrasah yang maju berbeda dengan madrasah yang kurang maju. Karena perbedaan itulah, banyak orang tua lebih tertarik menyekolahkan anaknya pada madrasah yang maju. Bukan hanya orang tua, madrasah yang mapan lebih mendapat tempat di hati siswa sebagai pilihan untuk tempat belajar.

Transparansi di MIN Pattiro Banggae, Takalar

Praktik transparansi anggaran, kegiatan dan peran serta masyarakat hasil dari pelatihan USAID PRIORITAS memantik pesatnya kemajuan MIN Pattiro Banggae, Desa Banggae, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar.  Kemajuan fisik dan prestasinya membuat sekolah ini jadi pilihan favorit sebagian besar orang tua siswa untuk anak-anaknya bersekolah.

Rapat Sekolah

Daur kerja guru masa kini; mengajar, merencanakan, rapat dan menilai pekerjaan siswa.  Mengapa rapat yang efektif mesti terjadi di sekolah kita, berikut ini sebabnya.

Menyemai Diversifikasi Madrasah

Oleh: Prof. Dr. Nur Kholis Setiawan
Diversifikasi Madrasah bukanlah sebuah istilah yang mengada-ada atau latah belaka. Istilah ini muncul dari kondisi riil dan juga analisis SWOT (Strenght, Weekness, Opportunity and Treath) terhadap madrasah di Indonesia.

Paradoks Kepala Madrasah

Pada dasarnya Kepala Madrasah itu adalah seorang guru. Hanya saja, Kepala Madrasah mendapat tugas tambahan untuk mempimpin penyelenggaraan pendidikan pada madrasah.