Oleh: Lipia Rahayu, S.Pd, AUD
Dalam segi mendidik di kelas taraf usia dini sering dilupakan akan pentingnya manajemen waktu. Sebagian pendidik yang berada di lingkungan RA maupun TK cenderung mengabaikannya dalam kegiatan belajar mengajar.  

Namun hal ini,  yang terkesan sepele dan sering tidak diperhatikan, menjadi bahan omelan dari wali murid.  Bahkan bisa mengakibatkan kejenuhan anak, walau suasana kelas sudah dibuat semenarik mungkin dalam mengajar.

Manajemen waktu ini telah diterapkan oleh RA Ushuluddin yang beralamat di jalan Kuranji RT. 32/V Guntung Manggis, Kec. Landasan Ulin, Banjarbaru – kalimantan Selatan.  Di sekolah ini manajemen waktu telah terapkan secara otomatis dengan menggunakan teknologi informasi. 

Dengan demikian, ketepatan waktu dapat tercapai, mulai dari jam masuk kelas, istirahat hingga jam pulang sekolah.  Waktu untuk berdoa dan hafalan Surat-surat Al Quran juga ditandai dengan suara bel secara otomatis.  Setiap pukul 07, speaker yang tersebar di area sekolah memperdengarkan alunan tilawah Al Quran.  Dengan adanya manajemen waktu yang serba otomatis ini, petugas kerbersihan pun dapat melaksanakan tugasnya dengan tepat waktu pula.  

Penerapan manajemen waktu di RA Ushuluddin tersebut menunjukkan bahwa sebuah sekolah yang tergolong kecil mampu menerapkan standar manajemen yang tinggi, tidak kalah dengan sekola yang katanya berstandar internasional.

Oleh: Lipia Rahayu, S.Pd, AUD


Fitur News