Belajar Bahasa Inggris dengan Permainan

Ketika menggunakan game atau permainan dalam pembelajaran bahasa Inggris, siswa akan mendapatkan ketertarikan tersendiri dalam belajar. Permainan punya pengaruh  besar dalam meningkatkan minat serta motivasi siswa untuk belajar.

Contoh permainan

Dalam permainan, ini guru akan membacakan sebuah cerita, kemudian siswa meneruskannya dengan imajinasi mereka. Siswa yang tidak mampu melanjutkan cerita tersebut, maka ia akan mendapatkan hukumannya. Dibuat secara khusus untuk melatih nalar seorang siswa dan kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Berikut caranya:

Siapkan satu buah spidol sebagai alat penentu giliran siswa.

  1. Ceritakan sebuah kisah yang populer misalnya Cinderella atau Pinokio namun hanya bagian awalnya saja serta putus cerita Anda pada bagian-bagian yang diinginkan.
  2. Serahkan satu buah spidol kepada seorang siswa dan berikan ia instruksi agar terus mengoper spidol tersebut ke temannya sembari Anda menghitung.
  3. Pada hitungan yang kelima maka siswa diinstruksikan untuk berhenti mengoper spidol.
  4. Siswa terakhir yang mendapatkan spidol tersebut harus melanjutkan cerita sesuai dengan imajinasinya. Cerita yang ia lanjutkan tentu saja tidak terlalu banyak, yaitu hanya satu kalimat panjang saja.
  5. Ingat! Anda harus membebaskan siswa untuk melanjutkan cerita semau mereka dan jangan paksa untuk tetap pada alur cerita.
  6. Setelah siswa menyelesaikan lanjutan kisah tersebut, maka teruskan menghitung dan siswa yang mendapatkan spidol pada hitungan kelima, instruksikan untuk melanjutkan cerita.
  7. Siswa yang tidak mampu melanjutkan cerita, maka ia wajib dihukum untuk bernyanyi atau melakukan hal positif lainnya.